Cerita Aku dan Blogku (Karya Pemenang)


Sesuai janji saya di postingan sebelumnya, kali ini saya bakal posting hasil karya tulis pemenang lomba dimulai juara 2 dulu baru juara 1 esok harinya. Selamat membaca 🙂

Sebenarnya gua kenal blog sudah cukup lama. Bermula dari kebiasaan gua yang bertanya pada Mbah Google tentang materi untuk tugas-tugas kuliah, materi-materi tersebut terkadang gua temukan di blog seseorang. Gua pun sudah pernah mencoba membuat blog pada tahun 2008, hanya saja waktu itu akses internet di daerah gua belum lancar seperti sekarang. Waktu itu warnet sangat jarang. Kalaupun ada, lemotnya minta ampun. Bikin gua malas buat belajar ngeblog.

Nah, saat ini warnet sudah menjamur dimana-mana. Kampus pun menawarkan akses internet gratis pada mahasiswanya maka gua pun kembali ngeblog. Sewaktu memutuskan akan ngeblog, gua bingung mau ngeblog dimana? Ada dua pilihan tempat ngeblog gratis, yaitu WordPress dan Blogspot. Gua coba tanya sama orang-orang yang sudah lebih dahulu ngeblog daripada gua dan beberapa dari mereka bilang kalau WordPress lebih baik. Maka mulailah gua ngeblog dengan membuat account di WordPress.

Setelah gua punya account sendiri di WordPress, gua pun mengacak-acak dashboard WordPress gua untuk mengetahui kegunaannya dan menyusunnya supaya blog gua terlihat menarik. Gua juga bertanya sana-sini jika ada hal yang tidak gua mengerti sehingga bisa dibilang gua belajar ngeblog secara otodidak.

Langkah berikutnya, gua mengisi blog gua dengan tugas-tugas kuliah. Namun sekian lama kok blog gua masih sepi pengunjung? Gua pun coba bertanya pada Kak Rina (owner-nya blog Pelangi Diaryna). Dia bilang biar blog kita rame pengunjung, kita mesti blogwalking dan rajin membuat tulisan-tulisan berkualitas. Tapi gua bingung, gua mesti nulis apa? Dia bilang lagi, “Tulis aja apa yang kamu ketahui. Asal jangan menyinggung hal-hal negatif.” Jadilah gua mengisi blog gua dengan kejadian-kejadian yang gua temui di kehidupan sehari-hari.

Jujur, setelah sekian lama gua ngeblog, banyak hal-hal positif yang gua dapat dari blog. Gua jadi tahu kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar orang lain dan belajar darinya; gua jadi mengerti bagaimana menghadapi kehidupan dari curahan hati orang lain di blog mereka; gua jadi nambah teman dengan seringnya mengunjungi blog orang lain dan berkomentar di blog mereka; dan masih banyak lagi ilmu-ilmu yang gua peroleh dari blog.

Terkadang gua mengidap penyakit nyandu ngeblog sehingga paling g dalam sehari gua buka blog tiga kali. Tapi terkadang gua juga dihinggapi penyakit jenuh sehingga jangankan menulis di blog, melihatnya saja malas rasanya. Menurut gua, satu hal yang paling berat dari menulis di blog adalah menjaga konsistensi kita dalam menulis. Karena g semua orang gampang mengutarakan apa yang mereka pikirkan dan menuangkannya dalam blog. Itulah gunanya mempunyai banyak sahabat di blog, sehingga mereka dapat memotivasi kita ketika semangat menulis kita kendur.

Mungkin cuma segitu yang dapat gua ceritakan soal hubungan gelap gua dengan blog gua. Gua akui gua bukan penulis yang baik, karenanya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Wassalam.

Berita Terkini :

Iklan

4 thoughts on “Cerita Aku dan Blogku (Karya Pemenang)

Berikan komentarnya !!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s