Keterbatasan WeChat Sejauh Ini


2 hari yang lalu gue posting tentang aplikasi chatting lintas OS (pengecualian BB) yaitu WeChat. Dan mungkin kalian juga tahu, betapa hebohnya promo gue buat ngabarain tentang aplikasi ini baik itu di status gue ataupun grup-grup di facebook…haha. Kenapa ampe segitunya? Yah karena aplikasi ini emang keren banget chuy, dan bagi kalian yang pingin merasa BBM, jangan gundah, aplikasi ini jawabannya. Malah aplikasi ini jauuuuuuh kereeen dari BBM. Salah satu fitur kerennya yaitu bisa voice chat (cenderung seperti walkiy talky…hehe). Dan kalau kalian masuk ke grup yang gokil seperti yang gue alami, bakal gila-gilaan kalian dah dan disana gue saling perang voice chat…Pokoknya seru abiss deh🙂.

Dibalik kerennya aplikasi ini, sejauh ini ada keterbatasan (bukan kekurangan) yang gue temuin dari aplikasi WeChat ini. Mungkin hal ini juga dirasakan teman-teman sekalian..hehe. Berikut diantaranya :

1. Untuk 1 grup, anggotanya hanya maksimal 40 orang
Meski ini bukan masalah besar, tapi cukup disayangkan oleh beberapa pihak. Karena jika suatu grup itu seru, tapi peminatnya banyak. Maka ada yang gak kebagian serunya deh karena batasan ini. Mungkin menurut yang memproduksi WeChat ini menganggap 40 orang udah sangat maksimal untuk 1 grup karena bayangkan kalau ke 40 orang secara bersamaan chat maka kita aja yang bacanya pasti ruwet percakapan-percakapan dari para member grup itu apalagi kalau lebih dari itu???

2. Fitur “Shake” dan “Drift Bottle” selalu tertuju ke orang China
Entah kenapa setiap gue pake fitur Shake yang berfungsi untuk menemukan teman yang memakai fitur ini dengan waktu yang bersamaan, selalu yang muncul atau tertuju ke orang china. Kenapa? Dan bahkan gue lakukan secara ulang-ulang, toh masih tetep aja orang china melulu dapatnya…haha. Gak jauh beda hasilnya dengan fitur Drift bottle yang berfungsi sama tapi prosesnya kita mengambil botol yang hanyut di laut yang isinya berupa request pertemanan, tapi pas dibuka lagi-lagi orang china lagi…hadoh. Mungkin karena yang buat aplikasi ini orang China kali yak, jadi mereka nepotisme gitu dengan membuatnya menjadi  begituan…wkwkkwkw

3. Suara “Voice Chat” tersimpan di handphone
Percaya atau tidak, saat kita melakukan chatting dengan suara (voice chat) maka suara itu akan tersimpan dalam handphone kita. Dimana? tergantung dimana kalian menyimpan aplikasi saat pertama kali install apakah itu di memori telepon atau di memori eksternal. Nama folder umumnya MM, nah cari aja ampe ketemu folder bernama Audio  yang berisikan rekaman suara-suara itu. Adanya hal ini berdampak cukup buruk bagi user yang memiliki krisis memori yang tinggal misalnya 1 MB tersisa atau lebih kecil dari itu.

4. Belum ada fitur CoPas di WeChat
Tidak begitu penting, tapi belum hadirnya fitur atau pilihan CoPas cukup disayangkan. Kenapa? Misalkan ada teman kita  minta id wechat teman lain yang kita punya, dan kita tahu wechat id teman kita itu super panjang + super alay membuat kita keberatan untuk membantu teman kita tersebut, karena dalam WeChat, Id teman kita gak bisa di salin (kecuali kalau kalian cukup rajin, menulisnya di secarik kertas dan mengetik ulang id itu ke teman kalian tersebut…hahaha). Cukup disayangkan🙂

5. Terkadang aplikasi WeChat keluar (mental) sendiri
Dari teman-teman chat gue, banyak yang mengeluh akan kejadian tersebut. Apa hal ini terjadi karena aplikasinya yang masih belum sempurna atau dari hape user yang bermasalah (mungkin karena RAM, internal memori menipis, dll)?? Gue masih belum tahu. Kalau ntar gue tahu solusinya pasti bakal gue share deh🙂.

Solusi untuk masalah ini berdasarkan pendapat bro Thithenk :
Jangan pake jalur akses standar …
Pake jalur akses baru atau edit jalur akses yg ada cukup ganti nama jalur akses nya…
untuk APN . PROXY. DLL biarin standar

Emang kliatanya gak ngaruh…..tapi itu cukup mujarab….
Setelah saya perhatikan ternyata wechat harus punya jalur akses sendiri

kalo bareng-bareng sama opera ato app lain emang suka mental…
thanks…. moga bermanfaat…

6. Semua orang bisa ganti nama grup
Adanya hal ini cukup mengganggu karena idealnya nama grup hanya boleh diganti oleh pembuat grup (admin), tapi disini semua orang bisa menggantinya. Yah meski kenyataannya memang pas gue liat di hape gue, meski member lainnya megganti nama grup, di ponsel kita tidak berubah nama grupnya.

7. Gambar Moment yang tidak tampakBeberapa user mengadukan kepada gue tentang masalah ini. Memang bukan hal besar tapi cukup menganggu karena fitur Moment ini merupakan salah satu fitur favorit user. Sejujurnya gue juga pernah mengalami masalah ini dan sejujurnya pula gue tidak tahu bagaimana solusinya. Tapi dulu saat gue mengalami masalah ini, gue upgrade wechat ke versi terbaru dan akhirnya masalah ini pun fix. Kalau hal ini kalian lakukan pula tapi tetap tidak bisa, yah sabar aja dulu yah sob. Kalau gue nemuin solusinya, gue update ke artikel ini solusinya. Siip (y)

Mungkin segitu dulu yang bisa gue sebutin, ntar kalau ada lagi, gue tambah lagi dah. Nah, semua keterbatasan aplikasi ini, mungkin akan teratasi dengan datang update-annya, so ditunggu aja guys. Coz aplikasi ini juga masih tergolong baru tetapi biar baru udah sekeren ini apalagi kalau uda diperbarui (update) beuh pasti lebih keren lagi….hahaha

Add Id gue yah : FauzanAnamas
Note : langsung add, maka gue akan langsung confirm, jangan nyuruh gue add dulu segala…okeh masbro🙂

Mungkin teman-teman ada yang menemukan keterbatasan lainnya dari WeChat yang luput dari pantauan admin, silahkan dishare di kolom komentar🙂

Berita Terkini :

95 thoughts on “Keterbatasan WeChat Sejauh Ini

  1. I was curious if you ever considered changing the layout of
    your website? Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better.

    Youve got an awful lot of text for only having one or 2 images.
    Maybe you could space it out better?

    Suka

  2. Howdy! Quick question that’s totally off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My website looks weird when viewing from my iphone 4. I’m trying to
    find a theme or plugin that might be able to fix this
    issue. If you have any recommendations, please share.
    Appreciate it!

    Suka

  3. Klo gnt no hp, id lama kita bs di pake ga? Abis no hp terdahulu hangus.
    Trus ko di wechat qu ga da drift bottle?
    Emg ada di versi brp?

    Suka

  4. Ada satu lgi keterbatasannya, utk fitur moment teman. Kita tidak bisa melihat comment atau like dri temannya teman kita (kecuali temannya itu berteman jg dg kita di wechat). Kl di facebook kita melihat siapa aja yg like dn comment status atau foto teman kita.

    Suka

  5. Mau tanya dong,apa respon operator we chat ketika si A menelepon si B(menggunakan fitur we chat call),padahal ponsel si B sedang offline(we chat tidak aktif)??

    Suka

Berikan komentarnya !!!!

