Xperia E & Xperia E Dual || Ponsel Entry Level Pertama Sony di Tahun 2013


Pada tanggal 5 Desember 2012 yang lalu, pihak Sony mengumumkan ponsel android terbarunya yaitu Xperia E dan Xperia E Dual. Dan kedua ponsel anyar ini dijadwalkan akan dipasarkan mulai kuartal 1 tahun 2013 yaitu di kisaran bulan Januari-Maret. Secara umum, spesifikasi kedua ponsel tersebut hampir sama akan tetapi ponsel satunya ditambahkan fitur dual-sim.

Xperia E

XperiaE_a

Xperia E memiliki dimensi 113.5 x 61.8 x 11 mm dengan bobot 115,7 gram. Xperia E menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon MSM7227A dengan kecepatan 1 GHz, RAM sebesar 512 MB dan GPU Adreno 200. Xperia E memiliki layar sebesar 3,5 inci dengan resolusi HVGA (320×480) dan kedalaman warna 256 ribu. Kamera Xperia E sebesar 3,2 MP tanpa LED Flash dan tanpa kamera depan. Internal memori yang diberikan sebesar 4 GB (2,2 GB user available) dan didukung dengan adanya slot microSD.

XperiaE_b

Baterai Xperia E berukuran sebesar 1530 mAh yang diperkirakan menurut pihak Sony dapat dipakai selama 6 jam waktu bicara dan 530 jam waktu siaga dalam 3G. Keduanya juga bisa memutar musik selama 30 jam atau video 8 jam. Untuk mendukung fitur hiburan, Sony memasang xLOUD Walkman seperti yang udah ada pada seri Xperia 2012.

XperiaE_f

XperiaE_g

Gue terkejut saat melihat gambar ofisial dari Xperia E, ternyata Xperia E telah disediakan tombol shutter kamera. Dan tombol ini sudah lama tidak ditemui pada seri xperia entry level ataupun mid-end. Dan desain belakang dari ponsel ini seperti bergelombang gitu sedangkan bagian depannya desainnya sangat mirip dengan Xperia J. Dan speknya pun seperti prosesor dan GPU-nya sama seperti yang digunakan di Xperia J sehingga dapat gue katakan ini adalah Xperia J versi mini.

XperiaE_c

Xperia E dilengkapi fitur HD Voice and Noise Cancellation yang membuat aktifitas telefoni lancar tanpa ada ketidakjelasan suara karena kebisingan di sekitar.Xperia E akan memakai OS Android 4.1 Jelly Bean dan Xperia E tersedia dalam warna hitam, putih, dan pink.

Xperia E Dual

XperiaE_11

Xperia E Dual seperti yang uda gue bilang sebelumnya, spesifikasinya nyaris sama dengan Xperia E dan pembedanya adalah Xperia E Dual memiliki fitur dual-sim dan Xperia E dual akan memakai OS Android 4.0.4 ICS yang bisa di-upgrade ke Jelly Bean nantinya dan sesegera mungkin waktu update-nya. Xperia E Dual nantinya tersedia dalam warna hitam dan emas.

Fauzan Mars Short Review :
Beberapa bulan lalu, ada berita yang menyebutkan kalau pada tahun 2013 Sony akan banyak mengeluarkan ponsel android dibawah $200 (1,9 jutaan). Dan dengan diumumkannya Xperia E dan Xperia E dual dan dilihat dari spek yang dihadirkan memang kedua ponsel ini sepertinya merupakan ponsel android terjangkau (entry level) pertama dari Sony untuk tahun 2013. Untuk kisaran harganya memang belum diberitahu dari pihak Sony tapi prediksi harga versi Fauzan Mars untuk kedua ponsel ini adalah Xperia E seharga +- 1,6 juta dan Xperia E Dual +- 1,7 juta. Hal ini gue prediksikan berdasarkan perbedaan spesifikasi antara xperia E dan xperia Tipo (lihat tabel). Tampak dari tabel di bawah ini menunjukkan Xperia E memiliki spek yang lebih bagus dari tipo maka otomatis harganya di atas tipo.

2012-12-07_1550

 

Berita Terkini :

3 thoughts on “Xperia E & Xperia E Dual || Ponsel Entry Level Pertama Sony di Tahun 2013

Berikan komentarnya !!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s